Kenali Ciri-Ciri Berita Hoax agar Selamat dari Penipuan

July 16, 2017
Admin

Berita, tulisan maupun foto hoax bertebaran di hampir semua sosial media dan situs-situs online. Kenali ciri-cirinya agar terhindar dari penipuan.

Berikut ciri-ciri utama dari informasi hoax.

1. Uraian tulisan berupa kata-kata yang sama di semua situs apabila dicari dengan Google.

Selain itu, semua hoax sumbernya tidak jelas dan isinya pun terkesan mengada-ada (dibesar-besarkan) dan beritanya tidak jelas.

2. Pembuat berita hoax mencantumkan kata-kata seperti “Sebarkan ke teman Anda juga! ”

3. Meminta penerima menyebarkan ke sebanyak mungkin penerima.

“Sudah banyak yang tertipu”. Kalimat ini bertujuan untuk meyakinkan penerimanya untuk segera mengirimkan hoax tersebut. Padahal dengan mengirimkannya, justru yang tertipu adalah yang menyebarkannya.

4. Meminjam nama tenar media

“Tadi juga ada beritanya di TV X, pukul 4:19 PM”. Kalimat ini meminjam nama tenar media tertentu, demi meyakinkan korbannya agar makin percaya.

5. Menggunakan berita yang sedang booming lalu diubah agar terkesan luar biasa atau menarik untuk dibaca.

Contoh, ”Tsunami telah membuat fosil raksasa muncul”

6. Hoax yang berupa foto hanya diambil pada satu sudut pandang.

Apabila dicari di Google, maka hanya akan ditemukan gambar yang sama yang di dipotret pada sudut yang sama, dan keterangan yang sama. Sebagian besar foto hoax telah dimodifikasi menggunakan photoshop agar tampak meyakinkan.

7. Foto hoax biasanya memanfaatkan nama tempat, agama, suku, kelompok, simbol, perkumpulan, perusahaan, ataupun nama Negara tertentu agar lebih menyakinkan.

8. Beberapa foto hoax adalah foto yang tidak sengaja diambil pada sudut pandang tertentu sehingga membuat objek foto tersebut berbentuk menyerupai objek lain.

9. Foto hoax biasanya juga berupa foto-foto yang diburamkan atau seakan-akan diambil dari jarak jauh sehingga tidak jelas. Bisa juga berupa foto-foto hewan criyptologi atau foto-foto mistis.

 

Dirangkum dari berbagai sumber.

Article Categories:
Hoax

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *