Hoax Tanjakan Kali Kenteng Kemiringan 57 Derajat

June 12, 2018
Admin

Mudik lebaran 2018 dimanfaatkan oleh para pengguna jalan untuk mencoba jalan-jalan tol yang baru. Namun, masih ada saja informasi hoax yang beredar dan membuat resah. Yang terbaru adalah video mobil yang mogok dengan informasi hoax bahwa kemiringan tanjakan Kali Kenteng sebesar 57 derajat.

Tanjakan Kali Kenteng berada di Susukan, Kabupaten Semarang, dan merupakan bagian dari jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pihak kepolisian membantah adanya hoax tanjakan 57 derajat dan mmberikan penjelasan cara menghitung ketinggian tanjakan yang benar.

“Merespons informasi yang menyebutkan bahwa ruas tol fungsional di lokasi Jembatan Kali Kenteng menanjak hingga 57 derajat, kami sampaikan bahwa data tersebut tidak benar,” demikian keterangan dari Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR menjelaskan tingkat kemiringan di tanjakan Kali Kenteng kurang-lebih 10%. Itu berarti dalam jarak 100 meter, ada kenaikan ketinggian 10 meter. Hal yang sama disampaikan PT. Waskita Karya sebagai kontraktor pelaksana, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kantor Staf Kepresidenan.

Kementerian PU PR lalu menunjukkan cara menghitung kemiringan tanjakan Kali Kenteng dengan rumus trigonometri.

“Naik 10 meter per 100 meter atau tangen-1 0.1= 5.7 derajat,” tulis Kementerian PUPR.

 

Sumber : https://news.detik.com/berita/4063616/menghitung-kemiringan-tanjakan-kali-kenteng-yang-sempat-jadi-hoax

Image : liputan6.com

 

 

Article Categories:
Hoax

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *