Hoax Gunung Ili Lewotolok di Lembata, NTT, Dikabarkan Meletus

October 12, 2017
Admin

Pasca gempa bumi beruntun dengan kekuatan 3,9 – 4,9 SR dengan pusat gempa di sekitarGunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Selasa (10/10/2017), beredar foto-foto gunung meletus dan status hoax yang mengabarkan bahwa gunung telah meletus.

Berita hoax dan isu-isu bohong yang beredar membuat masyarakat di sekitar gunung menjadi panik.

Status : HOAX

Fakta 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menegaskan, Gunung Ili Lewotolok tidak meletus.

“Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik dan tidak ada letusan. Banyak berita hoax (bohong) yang memberitakan Gunung Ili Lewotolok meletus. Berita tersebut tidak benar. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Ili Lewotoloktetap status Waspada sejak 7/10/2017 pukul 20:00 WITA,” jelas Sutopo.

BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Pemantauan aktivitas gunung akan terus dilakukan dari Pos PGA di Desa Laranwutun, Kecamatan Ili Ape.

PVMBG memberikan rekomendasi agar masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok atau pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya di dalam area kawah dan di seluruh area dalam radius 2 km dari puncak/pusat aktivitas.

“Seluruh pihak agar menjaga ketenangan suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ili Lewotolok yang tidak jelas sumbernya,” pesan Sutopo.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lima kali gempa dengan guncangan gempa yang dirasakan cukup kuat karena berpusat di darat ada kedalaman 10 – 30 kilometer.

Gempa dirasakan kuat di Desa Lamabute, Desa Napasabok, Desa Lamawolo, dan Desa Waimatan Kecamatan Ile Ape Timur Kabupaten Lembata pada Selasa dini hari hingga sore hari (10/10/2017).

 

Sumber : http://www.netralnews.com/news/lingkungan/read/107369/gunung.ili.lewotolok.dikabarkan.meletus.

 

 

 

Article Categories:
Hoax · Sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *