Foto-Foto Hoax Banjir di Pangandaran, Jawa Barat

October 12, 2017
Admin

Musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu, 7 Oktober 2017. Beredar foto-foto dan berita di media online yang tidak sesuai fakta di lapangan, seolah Pangandaran dalam keadaan lumpuh total akibat musibah itu.

Berikut beberapa foto hoax viral yang ditandai dengan tagar Pray for Pangandaran.

  1.  Foto dibawah ini merupakan banjir yang terjadi di Sri Lanka pada 31 Mei 2017

2. Foto berikut ini juga merupakan fot bencana yang juga terjadi di Sri Lanka pada 18 Mei 2016

3. Foto ilustrasi bencana di Aceh Tenggara pada bulan April 2017

Fakta

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemsos) bergerak cepat guna mengatasi banjir dan longsor yang mengepung Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu, 7 Oktober 2017.

“Kami telah mengerahkan Tagana untuk menyisir dan mengevakuasi korban akibat banjir dan longsor,” ucap Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemsos, Adhy Karyono, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Selain dari Pangandaran, menurut Adhy, Tagana juga dikerahkan dari kabupaten sekitar, yakni Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, dan Garut.

Sementara, untuk meringankan beban para korban, telah diterjunkan pula dapur umum lapangan (dumlap). “Pembentukan dapur umum ini sangat penting guna menjaga kebutuhan dan suplai permakanan para pengungsi. Untuk satu dumlap bisa menyediakan hingga 1000 porsi makanan,” Adhy menambahkan.

Dengan kehadiran personel Tagana di lokasi, dumlap dan pelayanan di tempat pengungsian, Adhy mengharapkan, hal tersebut bisa meringankan beban warga yang menjadi korban banjir dan longsor.

Kemsos juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) setempat agar dalam pelaksanaannya di lapangan terkoordinasi dengan baik.

“Tim Kementerian Sosial langsung bertolak ke Pangandaran, setelah menerima kabar bencana tersebut. Insyaallah Mensos segera ke lokasi sekaligus memberikan santunan kematian sebesar Rp 15 juta per orang,” ujarnya.

 

Sumber :

http://www.harapanrakyat.com/2017/10/hati-hati-ini-foto-foto-hoax-bencana-di-pangandaran-yang-menyebar-di-medsos/

http://regional.liputan6.com/read/3121549/marak-foto-hoax-begini-kondisi-sebenarnya-longsor-di-pangandaran

 

Article Categories:
Hoax · Social Media · Sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *