Hoax Permen PCC Dikonsumsi Siswa SD di Ambarawa

September 24, 2017
Admin

Beredarnya obat keras jenis PCC (Paracetamol, Caffeine, and Carisoprodol) di kalangan remaja Kendari yang menyebabkan jatuhnya banyak korban membuat masyarakat resah.

Masyarakat memang harus waspada dengan aneka makanan dan jajanan yang dikonsumsi anak. Namun membuat dan menyebarkan berita hoax dengan memanfaatkan ketakutan masyarakat tak bisa dibenarkan.

Seperti informasi hoax yang viral lewat media sosial dan aplikasi WhatsApp baru-baru ini. Dikatakan permen susu yang mengandung PCC sudah beredar di Ambarawa dan menyasar anak-anak sekolah.

“Mohon perhatian untuk stakeholder terkait, terinformasi bahwa telah beredar permen susu mengandung PCC dan sudah beredar di Ambarawa sasarannya adalah sekolah-sekolah dan dijual Rp. 2.000 dapet 1 renteng. Mohon di share di grup-grup yang ada untuk kewaspadaan dan proteksi terhadap anak-anak generasi bagi sekolah-sekolah,”

Begitu bunyi salah satu informasi yang tersebar via WhatsApp.

Selain itu ada pula beberapa informasi serupa dengan bahasa yang berbeda namun dengan maksud inti yang sama.

Status : HOAX

Penjelasan 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Lukas Akbar mengatakan timnya sudah ke Ambarawa, Kabupaten Semarang bersama personel BPOM. Sejumlah SD didatangi termasuk menanyai para siswa.

Lukas menjelaskan, informasi yang menyebar itu bermula dari pengungkapan pabrik PCC di Banyumas hari Selasa (19/9) lalu. Informasi hoax tersebut juga ada yang diselipkan dalam informasi pengungkapan pabrik PCC sehingga seolah benar terjadi.

“Jadi yang Ambarawa hoax, yang Banyumas (penggerebekan pabrik PCC) betul, sudah beberapa hari lalu dan sudah dimuat di media massa,” imbuhnya. Dikutip dari detik.com (23/09/2017).

Kepala Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistiandriatmoko juga mengatakan, informasi yang beredar di masyarakat mengenai permen susu mengandung paracetamol caffein carisoprodol (PCC) adalah informasi palsu atau Hoaks.

“Telah beredar luas di media sosial tentang peredaran narkoba dengan sasaran anak-anak dalam bentuk permen susu di wilayah Ambarawa. Perlu diketahui, informasi itu Hoaks atau berita bohong,” kata Sulis. Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (23/9/2017).

Menurut Sulis, pihak terkait seperti Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan sudah mengecek seluruh sekolah dan pasar di sana.

Dari hasil pengecekan, tidak didapati sama sekali permen susu yang dimaksud mengandung PCC.

 

Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-3654702/viral-permen-pcc-dikonsumsi-siswa-sd-di-ambarawa-polisi-itu-hoax

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/09/23/14061371/bnn-hoaks-permen-susu-yang-disebut-mengandung-pcc

 

 

Article Tags:
· · · ·
Article Categories:
Health · Hoax

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *