Kenali 13 Foto Sumber Hoax Rohingya!

September 7, 2017
Admin

Pemberitaan kekerasan yang dilakukan oleh militer Myanmar terhadap muslim Rohingya semakin diperparah dengan viralnya foto-foto hoax disertai narasi provokasi yang beredar di berbagai media online.

Berikut ini 13 foto sumber hoax yang biasa digunakan oleh para penyebar berita bohong. Mari kenali dan cek kebenarannya sebelum mempercayai dan membagikannya di internet.

1. Foto konflik Pattani di Thailand Selatan pada Oktober 2004

Foto tersebut bukan foto mayat, tapi foto para demonstran muslim yang ditangkap karena dianggap memperkeruh konflik yang ada di sana setelah sebelumnya memang ada ketegangan antara muslim dengan umat buddhist.

2. Foto demontrasi masyarakat Myanmar

Foto ini bukanlah gambar pertikaian apalagi pembantaian umat muslim yang dilakukan oleh bikhu. Foto ini adalah foto demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Myanmar terhadap pemerintah atas sulitnya biaya hidup terutama karena kenaikan harga BBM di negara tersebut pada tahun 2007.

3. Foto umat Buddhist di Tibet saat membantu evakuasi pasca gempa di Cina

Foto di atas bukanlah foto pembunuhan, justru sebaliknya foto tersebut adalah foto situasi ketika umat Buddhist di Tibet membantu evakuasi mayat pasca terjadinya gempa di Cina.

4. Foto korban ledakan tangki BBM di Kongo

Foto ini dikatakan sebagai korban muslim Rohingya saat kerusuhan di Myanmar, namun fakta sebenarnya adalah korban ledakan tangki bahan bakar (BBM) di Kongo pada tahun 2010.

5. Kumpulan foto kerusuhan di Thailand Selatan tahun 2004

Kumpulan foto ini tidak terjadi di Myanmar, melainkan bagian dari penangkapan terhadap orang-orang yang terlibat dalam kerusuhan di Thailand Selatan.

6. Foto korban pengeboman teroris di Burma

Foto ini tidak terkait dengan konflik yang terjadi dengan etnis Rohingya, foto ini adalah korban pengeboman oleh teroris yang terjadi di Kota Myawaddy daerah di Burma Timur yang berbatasan dengan Thailand, Agustus 2010.

7. Foto Bikhu membawa pistol

Dalam foto ini dikatakan seorang bikhu bersenjatakan pistol ikut dalam pembantaian orang-orang Rohingya saat terjadinya konflik. Sebenarnya foto ini adalah foto kerusuhan dan demonstrasi sebagai tuntutan reformasi pada pemerintah Burma tahun 2007, saat itu para bikhu memang aktif terlibat dalam berbagai demonstrasi yang melawan pemerintah.

8. Foto korban bencana topan Nargis 

Foto ini diklaim sebagai korban pembantaian etnis Rohingya yang mayatnya di buang ke sungai, padahal sebenarnya merupakan foto korban dari bencana topan Nargis yang melanda Myanmar pada tahun 2008.

9. Foto aksi bakar diri aktivis Tibet

Foto tersebut sebenarnya adalah foto aktivis Tibet (bernama Jamphel Yesh) yang melakukan demonstrasi saat kedatangan Presiden Cina ke India. Aktivis tersebut adalah imigran yang mencari suaka ke India, dan melakukan aksi bakar diri ketika mengetahui Presiden Cina (saat itu yang menjabat adalah Hu Jintao) akan datang berkunjung.

10. Foto seorang guru bela diri di India menguji ketahanan para siswanya

Seperti yang diberitakan oleh CNN dan BBC, foto tersebut sebenarnya seorang guru bela diri di India yang ingin menguji ketahanan para siswanya dengan cara melindas tangan mereka dengan motor. Aksi ini banyak dikritik oleh para pakar pendidikan di India dan negara lain.

Jadi foto tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan kekerasan terhadap etnis Rohingya.

11. Foto ritual pengobatan tradisional di India

Seorang ulama seperti Ustadz Tengku Zulkarnaen tanpa cek kebenaran turut menyebarkan foto hoax dengan kalimat provokasi. Sebenarnya foto tersebut adalah ritual pengobatan (tabib) tradisional di India dengan menginjak anak kecil untuk mengalirkan energi magis melalui kaki.

12. Foto pengungsi Albania 

Akun facebook bernama Siti Aisyah memposting beberapa foto yang diklaim sebagai muslim Rohingya, padahal tidak semua fotonya benar. Beberapa foto merupakan pengungsi Albania yang baru saja tiba di Italia akibat krisis di negaranya tahun 1991.

13. Foto FPI di Aceh 

 

Beredar foto-foto yang mengklaim FPI sudah berada di Rohingya, namun yang sebenarnya foto-foto tersebut adalah di kegiatan FPI di Desa Kuala Cangkoy Lapang, Aceh Utara. Tempat itu dijadikan posko FPI dalam penggalangan bantuan kemanusiaan buat Rohingya pada Mei 2015.

 

 

 

Article Categories:
Agama · Hoax · Politik · Sosial

1 Comment

  • Terima kasih atas informasinya yang menerangkan akal-akal pikiran yang masih dangkal

    Yunus
    September 15, 2017 9:41 am Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *