HOAX : MUI Keluarkan Fatwa Haram Kibarkan Bendera di Masjid

August 16, 2017
Admin

Menjelang peringatan hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus muncul hoax fatwa haram kibarkan bendera di masjid. MUI menjadi pihak yang terkena hoax karena fatwa tersebut dikatakan dikeluarkan oleh MUI.

Situs penyebar informasi palsu itu adalah situs www.muipusat.wordpress.com. Kemudian diikuti oleh situs-situs penebar hoax lainnya.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni’am Sholeh

Status : HOAX 

Penjelasan 

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar.

MUI tidak pernah mengesahkan fatwa haram pemasangan bendera di masjid, seperti yang diberitakan oleh situs-situs penebar informasi hoax.

“Hoax ini adalah modus kejahatan terencana. Hoax ini disebarkan dengan nada fitnah provokatif, dan mengundang keresahan,” ujarnya kepada wartawan di kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2017).

Asrorun Ni’am Sholeh mengaku sudah berkordinasi dengan Bareskrim Mabes Polri, dan dengan pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk menangani situas tersebut agar tidak menyesatkan masyarakat.

Kemenkominfo bergerak cepat dan langsung memblokir situs tersebut. “Alhamdulillah Kominfo sudah blok dan sudah tidak aktif sekarang,” kata Asrorun Ni’am.

Meskipun situs tersebut sudah tidak bisa diakses, berdasarkan penelurusan Republika.co.id, berita hoax itu masih dimuat oleh beberapa situs lain yang mengambil berita dari muipusat.wordpress.com. Karena itu, Asrorun juga meminta kepada masyarakat agar tidak terus menyebarkan berita fitnah itu.

“Tetapi kita juga meminta kepada masyarakat untuk tidak terus menyebarkan. Karena menyebarkan berita hoax itu disamping secara etika tidak dibenarkan secara hukum juga salah,” kata Asrorum.

Asrorun menambahkan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pihak kepolisian untuk menindaklanjuti tersebarnya berita hoax itu, sehingga pembuatnya bisa diproses secara hukum. “Dan kami secara pribadi sudah komunikasi dengan direskrimum Mabes Polri untuk segera ditindaklanjuti dan sudah mulai ada identifikasi siapa yang membuat hoax itu,” kata Mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tersebut.

 

Sumber :

http://www.tribunnews.com/nasional/2017/08/16/mui-bantah-keluarkan-fatwa-haram-pengibaran-bendera-di-masjid

http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/08/16/ouryf2361-kemenkominfo-blokir-situs-penyebar-fatwa-hoax

 

 

Article Categories:
Hoax

1 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *