Hoax Jika Ada Informasi Satu Jenis Makanan Mengandung Semua Zat Gizi

August 15, 2017
Admin

Seringkali kita mendapati iklan satu jenis produk makanan mengklaim mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Terutama jika produk tersebut ditujukan untuk mengobati atau mencegah penyakit.

Spesialis gizi dari Rumah Sakit Pelni, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK mengatakan tidak ada satu pun makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh, karena masing-masing memiliki nutrisinya sendiri-sendiri. Dilansir dari Antara, (1/8/2017).

“Tidak ada satu pun makanan yang super, mengandung semua zat gizi. Ada kelompok pangan tertentu misalnya yang sudah mengandung mikronutrien,” jelasnya.

Misalnya susu, orang sering salah menganggap susu sebagai sumber makanan lengkap yang mengandung makronutrien dan mikronutrien. Padahal tidak semua kebutuhan nutrisi bisa didapat dari susu.

“Pangan yang dianggap kaya itu susu. Ada kombinasi vitamin B, K, Kalsium yang berperan untuk pertumbuhan. Lalu B12 untuk metabolisme tubuh, menghasilkan energi,” tutur Juwalita.

Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat, vitamin, protein, lemak dan sedikit asupan gula serta garam. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang beragam sangat diperlukan.

“Variasikan makanan. Ingat apakah makanan yang kita konsumsi sesuai kebutuhan makronutrien dan mikronutrien kita,” kata Juwalita.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 menunjukkan kualitas protein yang dikonsumsi rata-rata masyarakat Indonesia masih rendah. Masyarakat dinilai belum seimbang dalam mengkonsumsi protein hewani seperti susu, ayam, ikan, telur dan juga protein nabati.

Sumber : AntaraNews

Article Tags:
· · · ·
Article Categories:
Health · Hoax

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *