HOAX : Sungai di Bandung Berwarna Merah

July 4, 2017
Admin

Foto bergambar sungai berwarna merah beredar di sosial media dan WhatsApp menghebohkan netizen.

Foto tersebut diunggah oleh akun dengan inisial MUD dan menuliskan, “Sungai pagarsih kota bdg, sore tadi #bdgjuaranacet” tulis pemilik aku tersebut pada Minggu (2/7/2016).

Fakta atau Hoax?

Status : HOAX 

Penjelasan 

Camat Astanaanyar Syukur Sabar, Senin (3/7/2017) siang telah memberikan konfirmasi. Dikutip dari detik.com .

Menurut Syukur, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi dan mencari keterangan warga. Warga menyatakan foto tersebut tidak benar.

“Tadi sudah ngecek. Kata warga kemarin sore tidak begitu. Tidak merah. Kalau merah pasti sudah ramai warga,” ujar Syukur.

Syukur kemudian mengirimkan foto terbaru di lokasi. Sungai memang tidak berwarna merah.
Untuk memastikan kebenarannya, detikcom mendatangi langsung lokasi, yakni Jalan Babakan Irigasi, Kelurahan Pagarsih, Kecamatan Astanaanyar.

Warga, khususnya anak kecil sedang ramai bermain di pinggir sungai sambil menangkap ikan-ikan kecil yang biasa disebut Impun.

detikcom memperlihatkan foto sungai berwarna merah itu kepada seorang warga, Syarif (39). Menurut Syarif, kondisi sungai sejak beberapa hari lalu tidak berwarna merah. Normal seperti biasa.

“Kemarin enggak kaya gitu. Anak-anak pada main di sini biasa. Kalau merah seperti itu pasti pasti ramai. Hoax itu mah,” ucap Syarif.


Ucapan Syarif diamini Ade (60). Menurut Ade, memang air sungai itu pernah berubah warna. Namun tidak pernah ada warna merah seperti dalam foto.

“Dulu suka ada hijau, merah, tapi sedikit. Itu bawan dari atasnya. Pernah ada juga yang buang bensin. Tapi udah lama sekali. Kemarin mah engga ada. Itu mah merah sekali warnanya. Kalau ada mah ikan-ikan kecil pada mati,” ucapnya.

Berdasarkan fakta yang didapat, bisa dipastikan foto yang beredar tidak benar atau hoax. Menurut Camat dan warga, gambar tersebut memang benar ada di wilayahnya. Namun untuk warna sungai yang merah itu tidak benar. Bisa jadi warna merah di foto yang viral itu merupakan efek aplikasi pengedit foto.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3546972/beredar-foto-sungai-di-bandung-berwarna-merah-benarkah

 

Article Categories:
Hoax

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *